EL-SAKTI DUKUNG PEREKAMAN SELURUH KEGIATAN PEMBELAJARAN

TEGAL, MATA LENSA – Universitas Pancasakti Tegal telah meluncurkan El-sakti salah satu media pembelajaran E-Learning. Dihadiri segenap pimpinan Yayasan Pendidikan Pancasakti, UPT/Biro dan perwakilan dari Pemerintah Kota Tegal acara peresmian berlangsung sederhana di lobi ruang rektorat UPS.

Pengadaan El-Sakti yang telah melalui perjuangan panjang ini menjadi kebanggan tersendiri bagi UPS terlebih bagi UPT Sistem Informasi Komputer (SIK) sebagai pengelola. Priyo Handoko, Kepala UPT SIK menyampaikan ia merasa senang atas terwujudnya laboratorium ini. “Senang karena akhirnya terwujud juga. Ini (laboratorium komputer terpadu) sebenarnya sudah diajukan sejak tahun 2015, namun terus gagal sampai akhirnya hari ini bisa diadakan laboratorium ini,” ujarnya.

El-Sakti yang difokuskan untuk meningkatkan pelayanan mahasiswa. Dengan pengadaan El-sakti serta pesifikasi laboritatorium yang ditenagai Processor core 15 dengan kecepatan 3,70 GHz, Ram 4 GB dan menggunakan penyimpanan dengan teknologi SSD serta monitor yang menggunakan layar 20 inchi ini, laboratorium siap menjadi tempat belajar mahasiswa yang nyaman. Ruangan ini juga didukung dengan tersedianya 100 buah kursi, 20 buah meja dengan kapasitas 5 komputer serta AC sebanyak 5 buah sehingga ruangan tertata dengan rapi.

Menurut Eddhie Praptono dengan adanya laboratorium komputer ini UPS berarti memiliki kemampuan yang akan membawa dampak baik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. “Dengan teknologi terbaru komputer ini mampu melayani program-program desain grafis, pemrograman, mapping, dan geographic program. Insya Allah laboratorium komputer terpadu mampu melayani kebutuhan berbagai macam program studi,” jelasnya.

Kedepan, Eddhie menjelaskan akan terus mengembangkan laboratorium komputer terpadu ini untuk mengurangi resikonya. “Meskipun sudah hampir semuanya terpenuhi, tentu saja masih ada beberapa kekurangan yang harus dilengkapi seperti Smart LCD Interactive, Camera CCTV untuk keamanan dan Safety Tools bila terjadi musibah,” tambahnya.

Sementara itu dalam waktu dekat, Priyo menyampaikan laboratorium ini akan digunakan sebagai tempat untuk sertifikasi Microsoft. “Akan ada sertifikasi Microsoft yang bisa diikuti oleh umum. Nanti sertifikatnya bisa membantu ketika mendaftar kerja bisa dipakai mendaftar di Asia, jadi jangkauannya sudah internasional,” tutup Priyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *