WEBINAR COLLABORATION “Langkah Strategis Milenial Menghadapi Krisis Komunikasi dan Sosial di Era Pandemik”

WEBINAR COLLABORATION “Langkah Strategis Milenial Menghadapi Krisis Komunikasi dan Sosial di Era Pandemik” yang dipandu oleh Arsy Maulana Zulfa Mahasiswa Semester 7 dengan Wakil Dekan 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPS Tegal Ike Desi Florina, M.I.Kom dan Founder Kita Leader Indonesia Aulia Pradipta Prabandaru, via Zoom pada Kamis, 25 Juni 2020.

Dalam kesempatannya Ike Desi Florina menyampaikan, krisis komunikasi pada generasi milenial tidak terlepas dari adanya media yang berganti selama masa pandemi. Karena komunikasi biasanya dilakukan secara langsung baik verbal maupun non verbal. Ia juga memetakan akar krisis komunikasi yang terjadi di masa pandemi Covid-19 ini.

Pertama, komunikasi pemerintah kepada publik. Kedua, anggapan publik dalam menghadapi pandemi, dan Ketiga media dan publik dalam informasi mengenai Covid-19. Oleh karena itu, ada dua resep darinya untuk menangkal terjadinya krisis komunikasi yaitu dengan optimism dan adpatasi terhadap perubahan dan perilaku masyarakat.

Aulia Pradipta menambahkan dengan mengingatkan bagi milenial untuk setidaknya memiliki prinsip sebagai seorang pembelajaran. Seorang pembelajar yang dimaksud ialah dengan fleksibel dalam menghadapi perubahan, memiliki sifat adaptif, inovatif dan berkarya, serta memanfaatkan masa muda untuk melahirkan ide idealis. Selain itu, menurutnya milenial perlu menghaluskan perasaan sebagai seorang pembelajar yang berkelanjutan. Artinya, tidak hanya intelektual yang diasah namun juga mental dan emosi perlu peka. Menjadi pembicara dengan tema komunikasi, ia juga menyuguhkan hasil kajian dari World Economic Science soal karakter yang harus di miliki milineal di era modern ini. Karakter tersebut merupakan kemampuan dasar milenial untuk dapat memiliki nilai kompetensi yang tinggi.

Kemudian setelah sesi penyampaian materi selesai, dilanjutkan pada sesi akhir Question and Answer. Empat peserta memiliki kesempatan untuk memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan tema dari kegiatan ini yang dijawab dengan baik oleh kedua pemateri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *