Satu Tahun Jadi Mahasiswa UPS Ngapain Aja Si?
Ada pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang” So kenalin gue Arina
Muthi’ah biasa dipanggil Rina, gue adalah seorang mahasiswi Universitas
Pancasakti Tegal Jurusan Ilmu Komunikasi semester 2.
Banyak orang beranggapan bahwa kuliah adalah hal yang menakutkan, kuliah
itu ngebosenin, kuliah itu nyusahin orang tua doang, dan masih banyak lagi.
Sebenernya anggapan-anggapan seperti ini banyak dilontarkan oleh orang yang
sebenarnya “takut” untuk memulai suatu hal. Padahal kenyatannya kuliah itu ga
semenyeramkan itu sobat.. Asal kita ikhlas ngejalaninnya dan dibawa enjoy
ajaa, maka anggapan-anggapan seperti itu pasti ga bakalan ada deh di hidup
kalian.
Ngomongin tentang kuliah… kira-kira satu tahun kuliah di UPS, gue udah
ngapain aja si?
Di semester pertama, gue udah mulai ikut sebuah organisasi yang bernama LPM
(Lembaga Pers Mahasiswa). Yapss organisasi ini berfokus pada sebuah bidang
jurnalistik dimana kita dilatih untuk menjadi seorang jurnalis, reporter,
wartawan, dan lainnya yang berhubungan dengan dunia jurnalistik.
Eitss sebelum mengenal lebih jauh tentang LPM, gua bakalan ngasi tau ke
kalian dulu nih alasan gue ikut organisasi ini apa si?
So, alasan gue sendiri ikut organisasi ini yaitu gue pengin mengeksplor diri gue
lebih jauh pada kemampuan diri gue sendiri. Selain itu, organisasi ini juga pas
banget sama jurusan yang gue ambil nih. bergabung dengan LPM juga sangat
membantu gue bukan dalam bidang akademik saja karna di LPM sendiri
diajarkan untuk mengetahui kondisi semua lini kehidupan sosial, baik itu
fakultas, kampus, kota, bahkan Indonesia.
Okei sekarang kita move dan balik lagi nih tentang LPM. LPM sendiri
merupakan wadah bagi mahasiswa untuk belajar menjadi seorang jurnalis. Di
tengah-tengah kesibukan kuliah, LPM berdiri sebagai penegak pilar demokrasi
kampus yang independent menjunjung tinggi idealisme mahasiswa sebagai
agent of change dan tentunya mewadahi berbagai aspirasi civitas akademika
kampus. Pers sendiri menyajikan berbagai informasi kepada masyarakat
misalnya politik, ekonomi, kesehatan, lingkungan, sosial, dan budaya. Pers juga
menyampaikan informasi bisa melalui tulisan, lisan, maupun siaran.
Di LPM sendiri gue udah pernah membuat berita, meliput demo di Balaikota
Tegal, menjadi reporter dalam pembuatan buletin, dan berkontribusi dalam
pembuatan podcast. Mau tau ga sobat.. menjadi bagian di Pers Mahasiswa ini,
buat gue sadar kalo menghasilkan sebuah berita di media, ga semudah
membalikkan telapak tangan. Dan tentunya hal ini membuat gue semakin
tertarik dengan organisasi ini, so next kira-kira gue bakalan ngapain lagi ya?
Satu semester telah gue lewati dengan aktif mengikuti organisasi, di semester
kedua ini, fokus gue masih dengan organisasi ini tetapi diselingi dengan
mengikuti kepanitiaan. Alasan utama gue mengikuti kepanitiaan yaitu gue
pengin membangun dan menambah relasi. Dengan adanya gue ikut kepanitiaan,
maka gue udah punya modal berupa networking yang bakalan mempermudah
gue untuk melangkah ke depan. Ga cuman itu, gue juga pengen menambah
pengalaman dan tentunya mengasah skill gue.
Ngomong-ngomong tentang kepanitiaan nih sobat, sebenernya ikut kepanitiaan
itu penting gak sih?
Menurut gue sendiri ikut kepanitiaan itu penting, usahain ikut kepanitiaan
dalam hidup lo walaupun satuuuu kali. Karena apa yang udah gue sampein
diatas, dengan ikut kepanitiaan maka akan terbangun sebuah relasi. Dimana
relasi ini akan sangat bermanfaat karena bisa jadi merekalah yang akan
membantu kesulitan kalian di masa yang akan mendatang.
Segitu aja cerita satu tahun gue selama gue kuliah di UPS. Jadi buat kalian yang
seneng bicara di depan umum, seneng nulis juga, cocok banget nih buat masuk
ke jurusan Ilmu Komunikasi. Ohya… banyak juga nih pertanyaan-pertanyaan
mengenai “jurusan Ilkom cocok ga si buat orang introvert?”, Jawabannya cocok
sobat.. karena ga menutup kemungkinan orang yang intovert atau pendiam
sekalipun bisa jadi malah handal dan berbakat di bidang ini, komunikasi sendiri
memiliki berbagai bentuk termasuk tulisan, jadi jurusan ini terbuka dan bisa jadi
cocok untuk kalian yang introvert ya sobat..
Jadi tunggu apalagi? segera tentukan pilihanmu dan bergabung dengan jurusan
Ilmu Komunikasi ya sobat..
See you..