Program Studi Ilmu Komunikasi (ILKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Tegal, merupakan Program Studi yang berdiri pada tanggal 20 Maret 2015. Prodi Ilkom telah terakredirtasi BAIK oleh BANPT. Dalam Prodi Ilkom mahasiswa belajar mengenai bagaimana proses komunikasi atau penyampaian pesan secara efektif sehingga pesan bisa mencapai sasaran yang dituju melalui berbagai media komunikasi. Komunikasi merupakan bagian penting dalam kehidupan, oleh karena itu Ilmu Komunikasi berhubungan erat dengan masalah fundamental dari hubungan antar manusia dalam bermasyarakat. Selama perkuliahan selain mendapatkan materi – materi pokok, anda juga akan diajarkan tentang pengetahuan dan keahlikan yang harus dimiliki  mahasiswa Ilmu Komunikasi, yaitu Kemampuan berbicara di depan umum, kemampuan dasar fotografi, kemampuan desain, kemampuan berfikir secara out of the box, kemampuan menulis secara kreatif, dan teamwork.

Berbagai mata kuliah yang ada dan kemampuan di atas, bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang unggul dibidang komunikasi sehingga dapat bersaing di dunia kerja nantinya. Peluang karir Prodi Ilmu Komunikasi sangat luas, bidang pekerjaan yang dapat digeluti oleh lulusan Ilmu Komunikasi antara lain Jurnalis, reporte, penyiar berita hingga analis media. Selain itu seorang lulusan Ilmu Komunikasi juga dapat berkerja pada bidang Public Relation atau Hubungan Masyarakat, advertising, marketing, copy writer hingga content creator maupun berkerja pada instansi pemerintahan.

Pada Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Pancasakti Tegal, terdapat 2 konsentrasi Jurusan yang dapat dipilih salah satu oleh mahasiswa nantinya yaitu, Konsentrasi Jurnalistik dan Konsentrasi Komunikasi Strategis

Tak hanya berkuliah secara teori, dalam Prodi Ilmu Komunikasi anda akan dibelaki dengan ilmu praktek, nantinya anda akan diajarkan mengenai cara brodcasting suatu acara, praktek membuat film, KKL (Kuliah Kerja Lapangan) dan Magang pada instansi swasta maupun pemerintahan. Sebagai pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi nantinya anda akan diminta melakukan langkah nyata untuk menunjukan sumbangsihnya kepada masyarakat melalui kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Prodi IlKom Universitas Pancasakti Tegal memiliki dosen – dosen muda dan senior yang berkompeten dibidangnya masing – masing. Dengan keahlian yang dimiliki, semua dosen siap menjadikan para mahasiswa sebagai generasi bangsa yang berilmu, pribadi yang berfikir kritis, dan akan menjadi problem solver di tengah masyarakat, serta ahli di bidang keahliannya