Program Studi Ilmu Pemerintahan (Ilpem) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Tegal, merupakan salah satu prodi tertua yang sudah ada lebih dari 30 tahun. Prodi Ilpem telah terakreditasi oleh BANPT dengan predikat SANGAT BAIK. Perkuliahan di prodi Ilpem akan membekali para mahasiswanya dengan pengetahuan yang luas, mendalam dan membahas isu kekinian tentang dunia pemerintahan khususnya dan ilmu sosial pada umumnya. Prodi Ilpem akan membuat Anda pandai dalam menganalisa suatu problem sosial, permasalahan politik dan menambah memperkaya sudut pandang berbagai fenomena sosial politik. Selama perkuliahan Anda akan diajak mendalami materi tentang Lembaga Negara, Pemerintahan Daerah, Pemerintahan Desa, Tata Kelola Pemerintahan, Tata Kelola Pemilu, dan beberapa mata kuliah yang bertemakan politik serta sistem sosial.

Berbagai mata kuliah yang ada, bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa kepemimpinan dan berpengetahuan dalam pengelolaan organisasi baik organisasi pemerintah maupun non-pemerintah; Memiliki kemampuan memformulasikan kebijakan publik secara strategis dengan tidak mengesampingkan keinginan masyarakat secara luas; Memiliki kemampuan memformulasikan perencanaan keuangan dengan sistem hybrid economic dan mampu mengaplikasikan sistem akuntabilitas keuangan pemerintah; Memiliki kemampuan memformulasikan perencanaan strategis pemerintah maupun non-pemerintah dengan menggunakan alat perencana modern seperti : SWOT, BSC, MDGs, dan sebagainya serta dapat mengevaluasi program tersebut sehingga dapat dinilai keberhasilan program strategis tersebut, dan berbagai skill lainya. Tak hanya berkuliah teori, mahasiswa Ilpem juga akan dibekali ilmu ‘praktek’ yang didapat dari KKL (Kuliah Kerja Lapangan) dan Magang di berbagai instansi pemerintahan seperti di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Komisi Pemilihan Umum, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan berbagai instansi lain. Sebagai langkah nyata untuk menunjukkan sumbangsihnya kepada masyarakat, para mahasiswa akan mengikuti KKN (Kuliah Kerja Nyata).

Perkuliahan di Progdi Ilmu Pemerintahan itu asyik, SERSAN (Serius tapi Santay), dan pastinya dosen-dosennya berkompeten. Dosen mudanya ada.. dosen yang udah senior juga ada.. dengan keahlian yang dimilikinya, semua dosen siap untuk menjadikan para mahasiswa sebagai generasi bangsa yang berilmu, pribadi yang dapat berpikir kritis dan akan menjadi problem solver di tengah masyarakat.

Udah kebayangkan, kalo kuliah di Ilpem dijamin bermanfaat, asyik, pas banget deh buat kamu yang mau jadi pemimpin bangsa! Ayo kuliah di Ilpem.

Ayo Upgrade dirimu bersama kami, di Ilpem FISIP UPS Tegal
Selamat dan Sukses “DITA DWI PRATIWI” Penerima Beasiswa Bank Indonesia
Selamat dan Sukses “TIARA NABILLAH” Penerima Beasiswa Bank Indonesia. Ayo kuliah di Ilmu Pemerintahan!
Mantapkan hati untuk daftarkan diri menjadi bagian dari Prodi Ilmu Pemerintahan!
Ilpem FISIP UPS Tegal? Gue banget!